Selasa, 10 Agustus 2010

♥ oleh2 dari tarawih

Ceramah sebelum tarawih di masjid Al Kautsar 10 Agustus 10

Penceramah: ustadz Abdul Wahab dari Bandung

Ramadhan, hari 1... masjid Al Kautsar PT Badak ini penuh jamaah untuk melaksanakan sholat isya' dan sholat sunah tarawih. Mudah-mudahan untuk hari-hari berikutnya masjid yang dibangun cukup besar ini akan terus dipadati jamaah. Amin.

Setelah sholat isya' berjamaah dan sebelum mengerjakan sholat sunah tarawin, seperti biasanya diisi ceramah agama yang ustadznya Insya Allah diusahakan dari luar kota. Dan kali ini yang berkesempatan membawakan ceramah adalah ustadz Abdul Wahab dari Bandung. Teman-teman muslim dari Bandung mungkin sudah kenal ya dengan Ustadz Abdul Wahab ini. Mudah-mudahan...

Nah, oleh2 dari ceramah tarawih semalam adalah... begini,

Mengawali ceramah Ramadhan hari pertama ini, ustadz Abdul Wahab menyampaikan bahwa ada kebiasaan yang baik yang dilakukan di banyak negara setiap Ramadhan datang. Apa itu? Setiap umat muslim selalu mengucapkan "Ramadhan Karim" artinya "Ramadhan yang dimuliakan" kepada sesama muslim yang dijumpai sebagai tegur sapa mereka. Dengan maksud mereka saling mendoakan mudah-mudahan mendapatkan kemuliaan di bulan yang mulia ini. Dan harapan dari ustadz Abdul Wahab, mudah-mudahan kebiasaan ini bisa menjadi kebiasaan yang baik juga dikalangan umat muslim di Indonesia.

Kata ustadz Abdul Wahab kemudian, ada banyak "Barokah" didalam ramadhan yaitu tambah-tambah kebaikan.

"Lihat saja, hanya penanggalan di bulan ramadhan saja yang dari tanggal 1 sampai akhir ramadhan selalu diperhatikan bahkan anak-anak selalu menandai tanggalan masehi hanya untuk mengingat ramadhan sudah hari keberapa",

"Banyaknya jenis makanan yang keluar hanya dibulan ramadhan" dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut lagi, dibukanya pintu surga lapang-lapang agar setiap muslim merasa ringan mengerjakan amalan & ibadah dan ditutupnya pintu neraka serapat-rapatnya agar setiap muslim merasa berat untuk mendekati bahkan melakukan perbuatan yang dilarang Allah.

Namun setiap manusia pastilah tak lepas atau selalu dihadapkan pada godaan. Godaan apa itu? godaan atau penyakit dari diri kita sendiri yaitu yang namanya "hawa nafsu"

Ada 4 sifat dosa, godaan atau penyakit dalam diri kita:

  1. Sifat Ilahiyah atau sifat ketuhanan: takabur, riak, meremehkan orang lain, dll
  2. Sifat syaithoniyah atau sifat setan: iri, dengki, hasut, suka melihat orang lainsusah, susah melihat orang lain senang, dll.
  3. Sifat binatang buas: tingkat kemarahan yang tinggi.
  4. Sifat hewan: melampiaskan hawa nafsu baik perut maupun kemaluannya.

Dengan mengetahui sifat-sifat atau penyakit dalam diri kita, ustadz Abdul Wahab berharap dalam menutup ceramahnya..." Datangnya Ramadhan yang dijalani selama sebulan dengan menahan lapar & haus, menahan amarah, memperbanyak berbuat kebaikan, mudah-mudahan menjadikan setiap muslim mampu mengendalikan diri dari sifat-sifat dosa atau penyakit yang adanya dari dalam diri baik dibulan ramadhan maupun dibulan-bulan diluar Ramadhan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar