Senin, 24 Agustus 2009

membentuk pribadi muslim yang takut pada Allah

dari ceramah sebelum tarawih di masjid Al-Kautsar PTB
23 Agustus 2009, oleh ust Ferry Nur, Jakarta

Membentuk pribadi muslim yg takut kpd Allah, utk meningkatkan iman & menggapai berkah dr Allah. Jika seseorang tdk ada rasa takut kpd Allah, maka dia akan berbuat maksiat, kemungkaran bahkan akan membuat susah kehidupan di dunia ini.

Apa yg hrs kita lakukan utk takut kpd Allah ?:

1. Berma'rifat,
mengenal Allah scr baik & benar bhw Allah mempunyai dzat yg tdk sama dgn apa yg kita lihat. Kita hrs tahu siapa sesungguhnya Allah ? Sbg ilustrasi diceritakan bhw ada orang yg pergi kepasar, dimana di pasar itu ada preman yg sgt ditakuti meskipun kalau melihat postur tubuhnya tidak menakutkan. Ketika mau pulang, kendaraannya sudah ditongkrongi orang. Kemudian orang itu minta uang, si empunya kendaraan tentunya akan memberi sekedarnya sesuai tarif parkir. Preman itu marah & minta uang lebih, apa yg dia dilakukan? Terjadi adu mulut dan si preman kemudian dipukul. Begitu melihat adegan itu orang2 disekitar heboh menyalami. Hebat mas, mas sdh berani mukul preman yg ditakuti sepasar ini. Apa yg ada dibenak orang itu setelah mengetahui bhw yg dipukul adalah preman yg sgt ditakuti. Mungkin dia tidak akan pergi kepasar itu lagi. Riwayat lain mengatakan bhw utk takut kpd Allah dgn cara menuntut ilmu , dimana menuntut ilmu adalah wajib. Ilmu apa itu?: Ma'rifat, Mengenal syariat/aturan dr Allah, Tasawuf.

2. Mempelajari sejarah orang yg durhaka kpd Allah yg kemudian Allah hancurkan / binasakan.
Seperti kaum nabi Nuh yg tdk mau beriman yg kemudian dibinasakan dgn air bah. Kaum nabi Luth dgn perbuatan maksiatnya yaitu homo-sx, kemudian dihancurkan Allah dgn gempa bumi yg dasyat disertai angin kencang & hujan batu sijjil. Fir'aun dan kaumnya yg ditenggelamkan di laut. Dan masih banyak lagi sejarah manusia yg ingkar kpd Allah yg kemudian dihancurkan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar