Minggu, 30 Agustus 2009

dengan berislam berarti pasrah secara total

dari ceramah sebelum tarawih di masjid Al-Kautsar PTB
29 Agustus 2009, ust Rum Rowi, Surabaya

Islam dari kata aslam, Yaslim bermakna pasrah secara total. Kita menjadi orang islam berarti konsekuensinya kita harus pasrah kpd Allah tanpa syarat. Makna lainnya adalah menyelamatkan, kita berislam artinya kita menyelamatkan diri kita. Allah menurunkan islam sebagai agama, bukan hanya kpd nabi Muhammad tetapi kepada seluruh nabi dan rosulnya.

Allah tidak akan memberikan nama agamanya sama dgn nama orang atau tempat, seperti yahudi atau nasrani. Yahudi berasal dari nama orang yaitu Yahuda anak Yakub sedang nasrani berasal dari nama kota yaitu nazaret. Ditakutkan Allah jika nama agama disamakan dgn nama orang atau nama tempat maka akan terjadi pengkhultusan kepada orang atau tempat tersebut.

Allah perintahkan kepada kita untuk berkaca pada jagat raya ini yg selalu patuh pada perintah Allah agar kita beriman. Seperti matahari tunduk pada Allah untuk selalu terbit dari timur. Jadi seluruh jagat ini berislam atau menyelamatkan. Bayangkan jika jagat ini tidak islam, semua mengatur dirinya sendiri tidak patuh pada perintah Allah, maka yang terjadi adalah kehancuran.

Jika ada yang mempertanyakan siapakah Ibrahim, seorang nasrani atau Yahudi? Allah telah mempertegas dalam Al-Qur'an:131 sebagai bukti bahwa ibrahim adalah seorang islam, "Ketika Tuhannya berfirman kepadanya: Tunduk, patuhlah! Ibrahim menjawab: Aku tunduk patuh kpd perintah Tuhan semesta alam"

Ibrahim dan Yakub jg berwasiat kpd anak2nya dalam QS Al Baqoroh:132, "Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak2nya, demikian pula Yakub, (Ibrahim berkata): Hai anak2ku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam"

Bencana yang terjadi sebagai pertanda bahwa kita belum menjadi islam yg sebenar2nya, bahwa azab yg ditimpakan adalah kesalahan kita sehingga Allah ingin mengingatkan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar