Jumat, 28 Agustus 2009

kepedulian terhadap problem umat

dari ceramah sebelum tarawih di masjid Al-Kautsar PTB
27 Agustus 2009 oleh ust Amril Yasin, Jakarta

Kepedulian thdp problema umat. Perumpamaan, orang miskin itu ada yang tegak berdiri dlm aturan2 Allah ada yg jatuh terpeleset. Sebagai ilustrasi: diddalam sebuah kapal ada yg diatas ada yg dibawah, bila orang yg dibawah menginginkan air dia harus naik keatas. Bila orang yg diatas tidak ada kepedulian terhadap orang2 yg dibawah, maka ini akan memunculkan pikiran terhadap orang yg dibawah seperti ingin melubangi sedkit kapal supaya dia bisa mendapatkan air tidak harus naik keatas tanpa berpikir bhw perbuatannya akan mencelakakan seisi kapal.

Ini sebagai pelajaran hidup bwh ketika dalam keadaan diatas harus memiliki tanggun jawab sosial kpd sesama. Sebuah hadist mengatakan : Kala anda punya kekuasaan jika melihat kemungkaran maka cegahlah dgn tangan atau kekuasaan.

Kewajiban berdakwah berlaku individu jadi setiap oang punya kewajiban untuk berdakwah. Selain itu diperintahkan pula untuk membuat sebuah kelompok umat yg tujuannya menyeru pada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Problem dlm setiap umat bisa diselesaikan dgn berdakwah baik dgn harta maupun dgn dirinya.
Yang menjadi problem dakwah:
1. Kemiskinan
2. Perpecahan umat.
3. Krisis kepemimpinan
4. Pengorbanan, yaitu pertaruhan ideologi yg mana utk memisahkan urusan negara dan urusan agama karena menganggap islam adalah suatu ideologi.
5. Imperialisme dan kapitalisme
6. Kehidupan yg permisif, maraknya aborsi,kumpul kebo dan maksiat lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar