Jumat, 28 Agustus 2009

ikhlas sebagai landasan dalam beramal

dari ceramah di masjid Al-Kautsar PTB
27 Agustus 2009 oleh ust Qhoirul Alim, Samarinda

Menyongsong ramadhan yaitu di bulan rajab, rosul sdh memperbanyak doa. Didasarkan pada :

QS: Annisaa' 173, Adapun orang2 yg beriman & berbuat amal saleh, maka Allah akan menyempurnakan pahala mereka dan menambah utk mrk sebagian dr karunia-Nya. Adapun orang2 yg enggan & menyombomgkan diri, maka Allah akan menyiksa mrk dgn siksaan yg pedih, & mrk tdk akan memperoleh bg diri mrk, pelindung & penolong selain drpd Allah.

QS Al-An'aam 162-163, Katakanlah sesungguhnya sembahyangku, ibadahku, hidupku & matiku hanyalah utk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya, dan demikian itulah yg diperintahkan kpdku & aku adalah orang yg pertama2 menyerahkan diri kpd Allah. Atau amal yg kita lakukan ikhlas krn Allah.

Knp kita hrs ikhlas?
1. Karena perintah Allah.
2. Salah satu syarat diterimanya setiap ibadah. Seperti Hadist nabi "Innamal a'malu bin niat" Setiap amal ibadah tergantung niat. Dalam peristiwa Hijrahnya nabi, barang siapa yg hijahnya karena Allah maka akan mendapat pahala dari Allah.
3. orang yg ikhlas pasti akan berusaha melaksanakan secara sempurna atau menyempurnakan ibadahnya. Orang yg ikhlas itu akan sama saja melaksanakannya, apakah akan mendapatkan pujian ataupun caci maki.
4. Orang yg ikhlas akan memiliki semangat yg tinggi, tdk akan lekang oleh waktu atau surut. Dari Umar, dalam berkeluarga harus dilandasi ibadah & iman kpd Allah, jika hanya didasa cinta maka akan banyak yg retak krn cinta ada pasang surutnya.
5. Orang yg ikhlas akan melakukan perbaikan terus menerus sampai akhir hayat. Bagaimana caranya supaya ikhlas? paksa sebagai latihan.

Ikhlas menurut Abu Qosim yaitu melakukan / meningalkan perbuatan krn taat kpd Allah. Beramal sebagai bentuk mendekatkan diri kpd Allah bukan yg lain2: seperti mencari pujian atau ingin mendapat cinta dr orang lain. Meninggalkan perbuatan atau beramal krn orang lain adalah riak. Biasanya bisa dilihat dari sikapnya yg melihat sekeliling apakah ada orang atau tidak. Sedang melakukan sesuatu karena orang lain itu syirik.

Hadist yg berhubungan dgn ikhlas: 1. Barang siapa yg melakukan perbuatan akherat dgn tujuan duni tidak akan mencium bau surga. 2. Barang siapa melakukan perbuatan atau meninggalkan perbuatan harus karena Allah.

Indikasi orang yang ikhlas:
1. Bergembira dgn saudara kita yg mendapat keberhasilan / kesuksesan. karena orang yg ikhlas percaa bhw apa yg terjadi adalah karena kodrat Allah. Untuk bisa bergembira atas keberhasilan orang dengan menumbuhkan rasa cinta kepada sesama.
2. Tidak akan jadi malas, jenuh dan putus asa. Konsep doa adalah: Langsung sekaligus dikabulkan, Dikabulkan tapi ditangguhkan krn kebaikan kita, Tidak dikabukan krn dihindarkannya bahaya.
3. Kecintaan, kemarahan dan keengganannya semata mata krn Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar