Rabu, 26 Agustus 2009

pemimpin yang dicintai umat

dari ceramah tarawih di masjid Al-Kautsar PTB
25 Agustus 2009, M Jazir Jogja

Ketika sahabat Muaz Bin Jafar sedang menjadi imam di masjid, wkt itu sdg salat isya', dia baca surat yg panjang pd rakaat I & II, ketika sdg menjd makmum seorang sahabat akhirnya membatalkan salatnya krn ada pekerjaan lain yg tdk bisa ditunda, dia kemudian mengucap salam dan meninggalkan jamaah. Seorang sahabat yg lainnya melihat dia membatalkan salat berjamaah kemudian mengatakan bhw dia seorang munafik, krn lebih mementingkan dunia drpd ibadah. Marahlah dia mendengarnya dan melaporkan ke nabi bhw dia harus membatalkan salat berjamaah krn ladangnya harus diairi sementara waktunya terbatas.

Dari cerita diatas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin harus punya kecerdasan interpersonal, hrs tahu keadaan masyarakatnya. Tidak asyik sendiri dgn kesenangannya.

Walaupun salat adalah pekerjaan yg utama tapi tidak selayaknya membuat jamaahnya resah ketika menjadi makmum. Supaya tahu keadaan umat, masyarakat, jamaah yg dipimpinnya maka selayaknya seorang pemimpin harus dipilih dari kalangannya. Karena salah satu nyarat jadi pemimpin adalah disukai, dicintai makmumnya bukan membuat umatnya resah. Seperti dalam pemilihan imam salat.

Siapa yg berhak jadi imam salat? pertama, ambillah dari kalanganmu yang bacaan Qur'an & pemahamannya lebih baik, jika tidak ada atau kemampuannya sama maka carilah yg hafalan hadistnya lebih banyak, bila tidak ada juga carilah siapa yg hijrahnya lebih dulu, bila masih tidak ada pilihlah yg sering dlm jamaah.

Fikih besar ttg salat, ada beberapa pendapat tentang salat :

1. Tidak sah salat seseorang jika meninggalkan rukun nya.

2. Salat jamaah hukumnya wajib, jika tidak salat jamaah, salatnya tetap sah tapi dosa krn meninggalkan jamaahnya.

3. Sunah muakat atau sunah yg sgt dianjurkan.

Keutamaan salat isya adalah seakan-akan telah salat setengah malam penuh dan keutamaan salat subuh adalah seakan-akan telah salat semalam penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar